Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Sawi

Tanaman sawi (Brassica juncea L.) merupakan tanaman dari marga Brassica yang dimanfaatkan daun atau bunganya sebagai sayuran. Sawi masih satu famili dengan kubis-kubisan (Cruciferae) yaitu kubis  krop, kubis bunga, brokoli dan lobak. 



Klasifikasi Tanaman Sawi 
Menurut klasifikasi dalam tata nama (sistem tumbuhan) tanaman sawi termasuk kedalam :
  • Divisi        : Spermatophyta (tanaman berbiji)
  • Sub divisi  : Angiospermae (biji berada di dalam buah)
  • Kelas         : Dicotyledoneae (biji berkeping dua)
  • Ordo          : Rhoeadales (Brassicales)
  • Famili        : Gruciferae (Brassicaceae)
  • Genus        : Brassica
  • Spesies      : Brassica juncea L.
Morfologi Tanaman Sawi
Secara umum tanaman sawi memiliki bagian-bagian tanaman seperti akar, batang, daun, bunga dan biji.
  1. Akar, menurut Rukmana (1994) sawi memiliki sistem perakaran tunggang (radix primaria) dan cabang-cabang akar yang berbentuk bulat panjang (silindris) menyebar ke semua arah pada kedalaman antara 30-50 cm. Akar ini berfungsi untuk menyerap air dan zat makanan dari dalam tanah serta memperkokoh berdirinya batang tanaman. Pendapat berbeda dikemukakan Cahyono (2003) sawi berakar serabut yang tumbuh dan berkembang secara menyebar ke semua arah di sekitar permukaan tanah, perakarannya sangat dangkal kurang lebih lima centimeter.
  2. Batang, sawi memiliki batang pendek dan beruas-ruas sehingga hampir tidak kelihatan. Batang ini berfungsi sebagai alat pembentuk dan penopang daun (Rukmana, 1994). Cahyono (2003) mengemukakan bahwa sawi memiliki batang sejati pendek berwarna kehijauan atau keputih-putihan dan tegap terletak pada bagian dasar yang ada didalam tanah. 
  3. Daun, sawi memiliki daun berbentuk bulat/lonjong, halus, tidak berbulu, dan tidak berkrop serta berwarna hijau muda, hijau keputihan sampai hijau tua. Daun sawi memiliki tulang-tulang daun yang menyirip dan bercabang-cabang.
  4. Bunga, tersusun dalam tangkai bunga (inflorescentia) yang tumbuh memanjang (tinggi) dan bercabang banyak. Setiap kuntum bunga terdiri dari empat helai kelopak daun, empat helai mahkota bunga, empat helai benang sari, dan satu buah putik berongga dua (Rukmana, 1994).
  5. Buah dan biji, menurut Rukmana (1994) buah sawi termasuk kedalam tipe polong yaitu bentuknya memanjang dan berongga. Tiap polong berisi 2-8 butir biji. Biji sawi berbentuk bulat, berukuran kecil berwarna coklat kehitam-hitaman. 

0 Komentar untuk "Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Sawi"

Back To Top